Kamis, 14 April 2016

tips bagi penderita minus






Menjaga kesehatan mata adalah sebuah keharusan. Karena dalam pepatah menyebutkan jika mata adalah jendela dunia. Dengan mata kita bisa mensyukuri betapa  indahnya ciptaan Tuhan serta mendapatkan berbagai ilmu dalam hidup dengan indera mata. Tapi karena perkembangan teknologi organ mata bisa mengalami gangguan seperti mata minus. Dikarenakan menggunakan gadget dn menonton semua benda yang dapat memancarkan sinar radiasi seperti tp, hp, laptop dsb.
Walaupun demikian bagi yang sudah punya mata minus pasti tidak akan pernah jauh-jauh dari lensa baik itu dalam bentuk kacamata ataupun bentuk praktis seperti contac lense. Suatu hari jika ketinggalan kacamatanya seorang dengan mata minus dapat merasa panik bahkan was-was dikarenakan pandangannya akan kabur dan pandangan berkurang. Mata minus bisa hilang dengan cepat yaitu dengan operasi laik, tapi bagi yang punya kantong pas-pasan mending dengan cara sederhana berikut ini sobat :
1.       Mengurangi penggunaan benda bercahaya jika sekiranya itu kurang penting. Jika pekerjaan anda adalah seorang programmer maka tidak ada tolerir lagi anda tidak di depan layar komputer. Tapi yang bisa dilakukan yaitu setiap 15 menit untuk mengistirahatkan mata anda misal dengan menengok ke sisi lain. Karena mata yang dibiarkan menatap layar terus walaupun sudah menggunakan kaca mata akan terasa pegal dan berair.
2.       Sesekali travelinglah melihat pemandangan yang hijau, bukan di mall ya sobat. Karena melihat pemandangan yang hijau adalah terapi. Mulai latihlah mata anda untuk meliht pemandangan hijau yang terbentang luas, lalu fokuskan mata anda pada salah satu objek bergerak misal pergerakan binatang dan latihlah mata anda untuk mengikutinya dengan pelan-pelan dengan  mata fokus.
3.       Disekitar mata terdapat titik-titik saraf dimana titik ini biasanya yang digunakan dalam terapi akupuntur. Anda bisa memulai memijatnya pelan dengan mengelilinginya apalagi dipijat di titik sudut mata anda,maka akan merasakan relaxsasi.
4.       Tips ajaib yaitu dengan asupan nutrisi yang seimbang yaitu dengan asupan vitamin A seperti jus wortel dikombinasikan dengan tomat atau buah lain yg anda sukai. Karena vitamin A larut dalam lemak usahakan tambahkan lemak baik atau variasikan dengan kandungan lemak lain, misal minyak zaitun, makan roti pakai margarin, dll. Saya pernah mendengar di suau radio jika seledri itu adalah vitamin saraf. Anda bisa mengkombinasikannya untuk kesehatan mata. Bisa diminum 2 kali sehari secara rutin agar hasil maksimal .Dan pengalaman saya sendiri dengan menerapkan ini sudah 2 kali cek minus ternyata sudah dua kali turun 0,25 minusnya.
5.       Jika menggunakan hp atau laptop pada malam hari kondisikan jika ruangan disekitar itu tidak gelap gulita karena tidak baik untuk mata. Apalagi saat membaca  jangan mencari ruangan yang redup tapi yang sekiranya cukup terang. Dan juga usahakan jarak antara mata dengan hp itu 30 cm, jangan terlalu dekat dengan mata karena cahaya yg sangat insten dan radiasi akan mengenai mata .
6.       Lakukan check up mata anda secara rutin untuk mengetahui apakah minus mata anda berkurang atau malah tambah. Usahakan untuk mengganti lensa kacamata anda secara berkala yaitu maksimal 6 bulan sekali. Karena kacamata yang sudah terlalu lama digunakan biasanya akan sedikit buram dan juga lap dengan lap khusus kacamata agar kaca tetap bening dan tidak kotor.
7.       Zaman sekarang ada teknologi terbaru yaitu blue lensa dimana kaca yang memakai   teknologi ini dapat memberikan manfaat yaitu menjauhkan mata anda dari sinar langsung sinar biru pada laptop dan hp sehingga ocok bagi anda yang setiap hari bahkan lama didepan layar hp maupun Laptop. Walaupun demikian jangan lupa untuk mengistirahatkan mata anda dari kacamata karena kacamata sejatinya kacamata adalah sebagai pemfokus lensa agar melihat bisa normal. Jika dipakai terus tanpa diisirahatkan maka otot atau saraf mata akan tegang.
8.       Lakukan olah raga secara berkala sehingga badan anda akan menjadi lebih fit , dengan demikian seluruh organ tubuh kita akan menjadi lebih sehat. Berolahraga sendiri usahakan ditaman agar mata anda dimanjakan dengan suasana yang lebih asri serta udara juga sangat cocok untuk kesehatan organ kita karena masih jauh dari polusi. Udara pada jam 5-8 pagi itu masih sangat bersih usahakan jangan pakai kacamata anda dan nikmatilah mata relaks bersama angin dan latihlah melihat perpindahan objek secara perlahan.
9.       Jangan lupa istirahat secara cukup yaitu 8 jam sehari agar tubuh menjadi lebih optimal.
Mungkin pemakaian soft lense sudah menjadi trend bagi anak muda sekarang. Tapi walaupun demikian jika penggunaan dan pembelian yang salah maka bukan manfaat tapi kerugian yang kita peroleh. Usahakan untuk membeli softlense di dokter spesialis atau di konter resmi walaupun harganya lebih mahal tapi lebih higienis ,jangan pilih produk abal-abal  yang belum tentu kejelasannya. Cek juga berapa lama umur soft lense kita harus diganti. Selain itu juga perhatikan saat pemasangan atau bahkan saat melepas lensa usahakan tangan kita steril .
Selain itu juga jangan meletakkan secara sembarangan karena bisa dihinggapi kuman, dimana ada sebuah kasus karena keteledoran kornea mata membengkak dan terkikis bakteri berbahaya dikarenakan menaruh softlense secara tidak hati-hati. Misalnya di kamar mandi dimana kuman, bakteri dan virus semuanya bersarang. Dengan menggunakan softlense maka perlu obat tetes mata agar mata tidak kering sehingga perlu dijaga kesehatannya, serta jika tidur segeralah copot karena dikhawatirkan softlense akan berjalan ke organ lain.
Yang paling penting adalah jagalah kesehatan mata kita, karena mata adalah aset berharga dalam hidup. Menurut saya memkai kacamata itu kadang kurang nyaman saat kita akan tamasya, serta sedikit mengganggu dan kurang PD , walaupun banyak yang beranggapan jika memakai kacamata itu seperti profesor atau orang pintar. Walaupun demikian jika kacamata ketinggalan rasanya tidak enak apalagi pas di depan lcd mendengarkan presentasi dan dapat tempat duduk dibelakang rasanya pengen nangis karena pandangan kabur dan sulit untuk mengikuti topik yang dibicarakan. Untuk memilih kaca mata usahakan untuk memilih bentuk frame yang sesuai dengan tipe wajah anda agar pas ketika digunakan. Kacamata dengan frame besar biasanyya cocok untuk mereka yang punya wajah lumayan lebar , untuk yan berwajah kecil atau sedikit sempit maka pilihlah dengan bentuk lingkaran kacamata yang kecil. Jangan lupa cek juga minus kita sebelum beli kaca mata. Usahakan lebih dari satu toko optik dan dokter spesialis mata agar bisa kita bandingkan. Ketika kacamata tidak digunakan jangan taruh sembarangan karena bisa tertindih dan pecah entah frame atau kacanya , lebih baik taruh d kotak khusus kacamata agar aman dan terhindar debu.
Jagalah selalu mata, yang paling penting adalah nurisi yang kita berikan pada indera kita. Selain itu juga kebiasaan yang baik saya meyakini jika demikian dilakukan maka mata minus anda akan berkurang secara bertahap. Karena saya sendiri sudah menerapkan dan lumayan punya penurunan yang signifikan. Walaupun kacamata itu hanya saya gunakan saat saya perlukan saja dan saat keseharian saya lebih suka merelakskan mata saya agar tidak terus-terusan tergantung lensa. Dan juga makan makanan yang punya vitamin A agar cepat menurun.
Salam Kesehatan, jagalah mata anda sebelum terlambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar